Tuesday 5 November 2013

Cara Sehat Mengecilkan Perut

Cara Sehat Mengecilkan Perut - Memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal sangat diidam-idamkan oleh setiap orang. Selain menandakan bahwa dirinya bertubuh sehat, hal ini juga menjadi suatu kebanggaan dan menimbulkan rasa percaya diri. Namun, ada sebagian orang yang mengalami masalah pada perut dan berat badannya. Orang-orang tersebut memiliki perut buncit dan berat badan yang tidak ideal.


Penyebab

Apa ya penyebab perut buncit atau berat badan yang tidak ideal tersebut? Hal ini dapat dikategorikan dalan dua hal, yaitu sebagai berikut:

Orang yang gemuk secara menyeluruh. Faktor utamanya yaitu genetik atau keturunan. Biasanya, ayah atau ibu yang bertubuh gemuk akan memiliki anak yang bertubuh gemuk juga. Di samping itu, ada juga faktor-faktor lain seperti: pola makan tidak sehat, tidur tidak teratur, malas berolahraga, dll. Orang yang perutnya buncit namun anggota tubuh lainnya (tangan, kaki, kepala, dll.) normal.

Pemicu terjadinya hal ini pastinya ada pada diri orang itu sendiri. Ia mungkin mengabaikan pentingnya berolahraga secara rutin, hobi ngemil, makan di malam hari dan langsung tidur, dan tidak banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.

Cara Mengecilkan Perut 

Mengecilkan perut atau melangsingkan perut yang gemuk/buncit butuh perjuangan yang cukup keras dan tidak bisa diperoleh secara instan.Bila perlu, seseorang yang ingin mengecilkan perutnya membuat program diet khusus dengan cara membuat target pencapaian dan menentukan jadwal. Selanjutnya implementasikan tiga hal berikut dalam program penurunan berat badan:

Berolahraga secara rutin. Malas/tidak mau berolahraga merupakan pemicu utama kegemukan atau perut buncit. Untuk itu, olahraga atau gerakan latihan fisik secara rutin sangat dibutuhkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mulailah dari olahraga mudah seperti berlari, bersepeda, berenang, dan senam. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan sit up dan push up setiap pagi setelah bangun tidur. Lakukan semampunya dan tingkatkan durasi/jumlahnya dari hari ke hari.

Perhatikan dan atur pola makan. Selain malas berolahraga, kegemukan juga disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Makan dalam porsi terlalu banyak, ngemil di malam hari, dan makan tidak pada waktunya harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan dan memiliki perut yang singset. Pastikan Anda selalu memakan makanan yang bergizi, menghindari makanan siap saji dan makanan olahan, selalu makan tepat waktu, serta perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.

Istirahat cukup. Jangan abaikan waktu istirahat Anda meskipun memiliki banyak kesibukan dan sedang dalam suatu program diet. Selalu tidur tepat waktu, paling tidak 7-8 jam per hari. Jangan tidur terlalu larut malam apalagi untuk hal yang tidak berguna karena ini akan menimbulkan rasa lapar (yang kemudian Anda akan ngemil/makan di malam hari) serta membuat tubuh Anda lemas.

No comments:

Post a Comment